ads
Peningkatan dan Fitur Baru Android 15 Dari Google

Peningkatan dan Fitur Baru Android 15 Dari Google

Smallest Font
Largest Font

Android 15 besutan Google mulai diluncurkan pada bulan April 2024 untuk versi Beta 1 dan versi Beta 2 meluncur di bulan Mei 2024. Seiring dengan dirilisnya dua versi Beta tersebut, Google pun mulai mengungkap apa saja fitur dan pembaruan anyar yang dihadirkan di Android 15.

Sebagian pembaruan sudah bisa dicoba di Beta 1 oleh para pengguna yang mendaftar sebagai Early Adopter. Beberapa pembaruan lain yang ada di Beta 2 telah dipamerkan dalam acara Google I/O 2024. 

Perlu dicatat, karena Android 15 saat ini masih dalam versi Beta, maka jangan kaget jika kemudian masih ada beberapa bug atau kesalahan sistem. Namun para pemerhati teknologi smartphone telah mengantisipasinya dan mengatakan jika Android 15 ini sudah mengalami kemajuan cukup besar dari Android 14, dengan status sama-sama masih dalam tahap Beta.

Soal tanggal perilisan versi stabilnya, apabila melihat perilisan Android 14 pada tahun lalu, kemungkinan bulan Oktober 2024 adalah jadwal untuk rilis Android 15. Berikut sejumlah fitur dan peningkatan yang ada di Android 15.

Private Space

Di Android 15, terdapat fitur baru bernama Private Space dan seperti namanya itu berarti adalah ruang kosong yang bisa dijadikan tempat menyimpan data-data pribadi. Pengguna nantinya bisa mengunci aplikasi, mengubah lock screen sampai menyimpan data paling sensitif dengan fitur ini.

Fitur semacam ini mungkin bukan hal baru bagi pengguna smartphone Samsung dengan Secure Folder-nya. Walaupun begitu, Android 15 bakal menghadirkannya sehingga bisa lebih inklusif untuk seluruh pengguna.

Lebih detail, Private Space bakal membuat sebuah ruang baru yang bisa diberikan verifikasi tambahan, misalnya saja seperti kata sandi atau otentikasi menggunakan sidik jari. Dengan demikian, pengguna akan bisa benar-benar menyimpan secara aman aplikasi dan data yang tidak ingin diakses oleh orang lain. 

Satellite Connectivity

Akan hadir juga sebuah fitur yang sebelumnya ada di iPhone, yakni dukungan sambungan satelite. Namun berbeda dengan yang ada di iPhone, fitur Satellite Connectivity di Android 15 memungkinkan pengguna tidak hanya menggunakannya untuk kondisi darurat, tetapi juga untuk sejumlah aplikasi, misalnya saja SMS. 

Pembaruan Find My Device

Fitur Find My Device bakal mendapatkan pembaruan cukup besar. Nantinya, semua smartphone dengan Android 15, bakal saling terhubung, termasuk dengan jaringan bluetooth. Pembaruan ini akan semakin membantu pengguna Android lain yang berupaya menemukan perangkat mereka yang hilang.

Teknisnya, perangkat dengan Android 15 bakal memancarkan sinyal bluetooth dan perangkat yang ada di sekitarnya akan menangkap sinyal itu dan mengirimkan informasi lokasi ke server Google secara terenkripsi. Hanya pengguna yang mempunyai akses ke pengenkripsian tersebut yang bisa mengetahui lokasi perangkat yang hilang itu.

Pembaruan Battery Health Monitoring

Pengguna nantinya bisa mendapatkan fitur pemantau kesehatan baterai di Android 15. Sebagai informasi, sebenarnya fitur ini rencananya mulai diberikan di Android 14 QPR2, namun batal dan baru diberikan di Android 15.

Selain pemantauan, Android 15 juga bakal memberikan pengelola aplikasi yang lebih baik, sehingga bisa meningkatkan daya tahan baterai. 

Apps Archiving

Fitur Apps Archiving dihadirkan guna membantu user untuk menghemat ruang penyimpanan mereka. Caranya adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang atau tidak lagi pernah dipakai, namun data pengguna masih tetap tersedia. Di iPhone, fitur ini bernama Offload Apps.

Fitur ini sebenarnya sudah ada untuk Android namun sebagai aplikasi pihak ketiga yang bisa didapat lewat Google Play Store. Namun di Android 15, fitur ini akan tersedia sebagai fitur bawaan.

Partial Screen Sharing

Fitur Partial Screen Sharing juga mulai diperkenalkan di Android 15, yang fungsinya adalah memungkinkan pengguna berbagi layar ke pengguna lain, dengan lebih privasi. Kemampuannya adalah membagikan serta merekam sebagian layar atau aplikasi yang diinginkan pengguna, bukan secara keseluruhan layar yang tampil di perangkat. 

Selain itu ada beberapa fitur lain seperti Notification Cooldown, High-Quality Webcam Mode, Mode Edge-to-Edge yang dijadikan mode default dan peningkatan pada fitur OTP.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads