ads
Apple iPhone 16 Meluncur, Cek Spesifikasi dan Fitur Canggih Terbarunya

Apple iPhone 16 Meluncur, Cek Spesifikasi dan Fitur Canggih Terbarunya

Smallest Font
Largest Font

Beritadata - Hari ini, Apple meluncurkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max, yang dibekali dengan teknologi Apple Intelligence, layar yang lebih besar, fitur kamera pro inovatif untuk kreativitas baru, serta grafis memukau yang mendukung pengalaman bermain game yang mendalam, di mana semuanya didorong oleh chip A18 Pro.

Dengan Apple Intelligence, model generatif buatan Apple kini hadir di iPhone melalui sistem kecerdasan pribadi yang mudah dioperasikan. Sistem ini memahami konteks pengguna secara pribadi untuk menyediakan kecerdasan yang relevan dan bermanfaat sekaligus menjaga privasi.

Fitur Camera Control memberikan cara cepat dan intuitif untuk mengakses kecerdasan visual serta berinteraksi dengan sistem kamera canggih. Dengan kamera Fusion 48MP baru yang dilengkapi sensor quad-pixel lebih cepat, memungkinkan perekaman video dengan resolusi 4K pada 120 fps di Dolby Vision, menjadikannya kombinasi resolusi dan frame rate tertinggi yang pernah ada di iPhone. Peningkatan lainnya termasuk kamera Ultra Wide 48MP baru untuk fotografi beresolusi tinggi, termasuk mode makro, kamera Telefoto 5x di kedua model Pro, serta mikrofon berkualitas studio yang merekam audio lebih realistis. 

Desain titanium yang tangguh namun ringan ini memiliki layar yang lebih besar, dengan bezel tertipis di antara produk Apple, serta lompatan besar dalam masa pakai baterai, iPhone 16 Pro Max diklaim memiliki baterai dengan daya tahan paling mumpuni, yang pernah ada di seluruh seri iPhone.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan tersedia dalam empat varian warna elegan, yakni titanium hitam, titanium alami, titanium putih, dan titanium gurun. Pemesanan dimulai pada Jumat, 13 September, dan produk akan tersedia mulai Jumat, 20 September.

"Dipacu oleh chip A18 Pro yang lebih cepat dan efisien serta dirancang untuk Apple Intelligence, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max adalah model iPhone tercanggih yang pernah kami buat. Bagi pelanggan yang menginginkan iPhone terbaik, mereka akan merasakan kemajuan besar ini, baik saat mengedit foto tanpa menyentuh layar, menulis ulang catatan rapat dengan gaya yang lebih profesional, atau menggunakan sistem kamera canggih untuk membuat karya seni dalam 4K120 fps di Dolby Vision. Semua ini sambil menikmati masa pakai baterai yang luar biasa," ujar Greg Joswiak, wakil presiden senior pemasaran global Apple. 

Didesain untuk Apple Intelligence

Apple Intelligence pada jajaran iPhone 16 memanfaatkan kekuatan chip silikon Apple dan model generatif buatan Apple untuk memahami serta menghasilkan bahasa dan gambar, mengambil tindakan di berbagai aplikasi, dan juga merujuk kepada aktivitas pribadi pengguna untuk melakukan penyederhanaan yang akan mempercepat kebutuhan tugas sehari-hari.

Apple Intelligence melindungi privasi dan keamanan data pengguna dengan teknologi Private Cloud Compute. Pendekatan inovatif ini memungkinkan penyesuaian dan peningkatan kapasitas komputasi antara pemrosesan di perangkat dan model server yang lebih besar yang berjalan di server khusus silikon Apple, sebuah kemajuan luar biasa dalam menjaga privasi di bidang kecerdasan buatan. Apple Intelligence akan tersedia sebagai pembaruan perangkat lunak gratis, dengan fitur pertama diluncurkan bulan depan dalam bahasa Inggris untuk sebagian besar wilayah dunia.

Dengan Writing Tools yang terintegrasi secara sistematis, pengguna dapat menyesuaikan catatan atau email agar lebih ramah, lebih ringkas, atau menambahkan nada profesional pada tulisan mereka; memeriksa tata bahasa, pilihan kata, dan struktur kalimat, serta meringkas teks yang dipilih agar lebih mudah dipahami. Di aplikasi Notes dan Phone, pengguna juga bisa merekam, menyalin, dan meringkas audio. Ketika rekaman dimulai selama panggilan telepon, peserta akan diberi tahu, dan setelah panggilan berakhir, Apple Intelligence akan menghasilkan ringkasan dari poin-poin penting.

Apple Intelligence membantu pengguna memprioritaskan dengan ringkasan notifikasi, serta fitur Priority Messages di Mail yang memahami isi email dan menampilkan pesan yang mendesak. Di seluruh kotak masuk, ringkasan ini menyampaikan informasi paling penting dari setiap email, bukan hanya menampilkan beberapa baris awal.

Siri kini lebih terintegrasi dalam pengalaman sistem, dengan desain baru yang menampilkan cahaya yang melingkari tepi layar saat diaktifkan. Dengan kemampuan bahasa yang lebih kaya, berkomunikasi dengan Siri kini menjadi lebih alami dan fleksibel. Siri juga dapat mengikuti percakapan saat pengguna keliru dalam berbicara, serta menjaga konteks dari satu perintah ke perintah berikutnya. Pengguna dapat mengetik ke Siri kapan saja dan beralih dengan mulus antara teks dan suara untuk mempercepat tugas sehari-hari. Asisten virtual ini mempunyai product knowledge yang luas guna menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan pengguna, terutama yang terkait dengan fitur yang ada di iPhone maupun produk Apple lainnya.

Pengalaman Siri yang telah dirancang ulang, hadir bersamaan dengan rangkaian fitur pertama Apple Intelligence, membuat interaksi dengan Siri menjadi lebih alami dan fleksibel.

Fitur tambahan Apple Intelligence akan diluncurkan pada akhir tahun ini serta bulan-bulan berikutnya, termasuk Image Playground, yang memungkinkan pengguna membuat gambar kreatif hanya dalam hitungan detik. Emoji juga akan diperbarui dengan fitur baru yang memungkinkan pembuatan Genmoji original dengan mengetik deskripsi, atau menggunakan foto teman atau anggota keluarga. Siri akan dapat memanfaatkan konteks pribadi pengguna untuk menawarkan kecerdasan yang disesuaikan.

Selain itu, Siri akan memiliki kemampuan untuk memahami konten layar pengguna dan mengambil tindakan yang relevan, serta melakukan ratusan tindakan baru di dalam aplikasi Apple maupun aplikasi pihak ketiga. Ketika menggunakan fitur iOS 18 seperti Siri dan Writing Tools, pengguna juga dapat dengan mudah mengakses ChatGPT dari OpenAI.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads