ads
Apple Intelligence di iOS 18 Rilis Oktober Ini

Apple Intelligence di iOS 18 Rilis Oktober Ini

Smallest Font
Largest Font

Beritadata - Oktober adalah bulan ketika fitur Apple Intelligence beralih dari versi beta menjadi sepenuhnya tersedia. Namun, tidak semua kemampuan yang dijanjikan, yang didukung AI, akan dirilis segera. Sebaliknya, Apple akan merilisnya secara bertahap, dengan beberapa fitur dirilis bersamaan dengan peluncuran iOS 18.1 yang akan datang, dan sisanya akan dirilis melalui pembaruan sepanjang tahun ini hingga 2025.

iOS 18.1 saat ini dalam tahap beta publik, dengan Apple menjanjikan selama peluncuran iPhone 16 bulan lalu bahwa versi lengkap yang menyertakan Apple Intelligence akan hadir pada bulan Oktober. Berkat Mark Gurman dari Bloomberg, kini kita memiliki gambaran yang lebih baik tentang kapan peluncuran tersebut akan siap, beserta jendela peluncuran fitur yang sangat dinanti lainnya seperti Genmoji, Image Playground, dan lainnya. Menurut Gurman, iOS 18.1 akan dirilis pada 28 Oktober.

Sebagai pengingat, Apple Intelligence bakal tersedia secara terbatas pada beberapa model ponsel, iPhone 16, serta iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Ponsel lain yang kompatibel dengan iOS 18 dapat mengunduh pembaruan seperti iOS 18.1, namun tidak dapat menjalankan fitur Apple Intelligence. Selain itu, Apple Intelligence juga akan tersedia melalui pembaruan untuk iPadOS dan macOS Sequoia, yang dirilis bersamaan dengan pembaruan iOS Apple.

Jadwal Peluncuran iOS 18

  • iOS 18.1: 28 Oktober 2024 (beta publik sudah tersedia) - Termasuk fitur Clean Up, ringkasan notifikasi dan aplikasi, balasan yang disarankan, alat koreksi dan penulisan ulang, perekaman dan transkripsi panggilan telepon, mode fokus baru, serta pembuatan film "Memories" berdasarkan deskripsi.
  • iOS 18.2: Desember 2024 - Fitur Genmoji dan Image Playground.
  • iOS 18.3: Sebelum akhir 2024 - Pembaruan minor.
  • iOS 18.4: Maret 2025 - Siri yang diperbarui dengan respons kontekstual dan personalisasi yang lebih baik.

Rumor Tanggal Rilis Apple Intelligence

Selain mengonfirmasi peluncuran Apple Intelligence pada Oktober, atau setidaknya beberapa bagian dari Apple Intelligence, Apple belum merilis jadwal resmi untuk peluncuran AI di perangkat kerasnya. Sebagian besar informasi yang kita ketahui berasal dari laporan Mark Gurman dari Bloomberg, yang mengungkapkan rencana peluncuran Apple dalam buletin PowerOn yang diterbitkan pada akhir September.

Gurman memperkirakan pembaruan penuh iOS 18.1 akan keluar dari tahap beta publik dan hadir di ponsel pada 28 Oktober. Namun, jangan terlalu bersemangat, karena beberapa fitur penting tidak akan tiba hingga iOS 18.2 atau setelahnya. iOS 18.2 diperkirakan akan menambahkan integrasi ChatGPT dan memperkenalkan Genmoji, yang menggunakan AI untuk membuat emoji berdasarkan teks yang dimasukkan atau berdasarkan gambar dari perpustakaan Foto Anda. Pembaruan ini juga akan membawa fitur Image Playground, jawaban Apple untuk Pixel Studio dari Google, yang memungkinkan Anda menggunakan AI untuk membuat gambar diri Anda dan orang lain.

Apple saat ini sedang bekerja untuk menyempurnakan iOS 18.2 agar "bebas bug pada awal November," menurut Gurman. Jika sejarah berulang, ini berarti jendela rilisnya kemungkinan besar pada bulan Desember. Pembaruan lain juga mungkin datang sebelum liburan dengan iOS 18.3, tetapi diharapkan menjadi pembaruan kecil, dan tidak jelas apakah fitur Apple Intelligence lainnya akan ditambahkan bersamaan dengan pembaruan tersebut.

Sedangkan untuk pembaruan besar Siri, yang menjanjikan respons kontekstual dan personalisasi yang lebih baik, kemungkinan besar fitur ini baru akan tersedia pada Maret 2025 dengan iOS 18.4.

Fitur Apple Intelligence pada iOS 18.1

Anda sudah bisa mencoba rangkaian fitur AI baru dari Apple dengan mengunduh beta publik iOS 18.1 di ponsel yang kompatibel sebelum rilis penuh pada 28 Oktober. Berikut adalah fitur-fitur yang bisa Anda temukan saat memperbarui ke iOS 18.1.

  • Alat penulisan: Tersedia di semua aplikasi di iPhone Anda yang memerlukan input teks, alat penulisan ini didukung oleh Apple Intelligence untuk membantu memperbaiki tulisan Anda atau memberi inspirasi untuk memulai.
  • Fitur foto: Ada tiga peningkatan dalam aplikasi Foto, dimulai dengan *Clean Up*, alat yang dapat menghapus orang dan objek yang tidak diinginkan dari foto Anda.
  • Ringkasan: Semua ponsel yang kompatibel dengan iOS 18 akan mendapat kemampuan merekam audio di aplikasi Notes, namun ponsel yang mendukung Apple Intelligence dapat menghasilkan ringkasan otomatis dari rekaman tersebut.
  • Siri: Siri akan mengalami perubahan besar seiring waktu, dengan kemampuan memahami konten layar Anda dan mengambil tindakan berdasarkan itu.
  • Mail: Akan ada reorganisasi besar-besaran pada aplikasi Mail di iOS 18, di mana kotak masuk Anda akan dibagi menjadi kategori untuk pesan pribadi, tanda terima, penawaran, dan buletin.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads