ads
Seberapa Besar Perbedaan PS5 dan PS5 Pro?

Seberapa Besar Perbedaan PS5 dan PS5 Pro?

Smallest Font
Largest Font

Beritadata - Playstation 5 (PS5) diluncurkan pada tahun 2020 lalu dengan prosesor AMD Zen 2 kustom dan GPU RDNA 2, yang keduanya sangat mirip dengan spesifikasi PC kelas atas pada masa itu. Sejak itu, banyak waktu telah berlalu, dan meskipun PS5 Pro masih dibangun di atas arsitektur yang sama, Sony telah meningkatkan GPU-nya dengan menambahkan jumlah Compute Units (CUs) yang jauh lebih banyak, yang secara dramatis akan meningkatkan kinerja gaming, terutama pada resolusi yang lebih tinggi.

PS5 Pro vs PS5 - GPU

GPU PS5 Pro adalah bintang utamanya. Saat ini, semua tanda menunjukkan bahwa GPU tersebut masih dibangun di atas arsitektur AMD RDNA 2 yang sama seperti Playstation 5 asli, namun dengan jumlah yang lebih banyak.

Ketika PS5 dirilis pada tahun 2020, GPU-nya memiliki 36 unit komputasi, yang menghasilkan 2.304 streaming multiprocessors (SMs). Ini menempatkannya setara dengan kartu grafis kelas menengah seperti AMD Radeon RX 6700. Chip grafis ini sangat kuat pada masanya dan mampu menyajikan gameplay 4K generasi berikutnya tanpa terlalu banyak bergantung pada teknik checkerboard upscaling seperti yang dilakukan PS4 Pro sebelumnya.

Namun, seiring berjalannya waktu, game-game terbaru membutuhkan tenaga lebih, terutama pada resolusi 4K. Di sinilah PS5 Pro masuk. Kali ini, Sony mengklaim bahwa PS5 Pro akan memiliki GPU dengan 67%lebih banyak unit komputasi. Dengan sedikit perhitungan cepat, jumlah unit komputasi baru diperkirakan mencapai 60, dan karena unit komputasi RDNA 2 memiliki 64 streaming multiprocessors, angka barunya mencapai 3.840 SMs. Ini adalah peningkatan besar dalam jumlah silikon. Sebagai perbandingan, ini menempatkannya di atas kertas setara dengan AMD Radeon RX 6800, GPU yang sebenarnya mampu menjalankan game 4K di PC.

Namun, bukan hanya GPU yang diperbesar pada PS5 Pro. Menurut pratinjau langsung dari CNET, Sony menyertakan perangkat keras ray tracing generasi berikutnya dari AMD, perangkat keras yang diklaim oleh Mark Cerny belum dirilis di salah satu kartu grafis AMD. AMD memang memiliki masalah untuk bersaing dengan Nvidia dalam performa ray tracing, dan perangkat keras generasi berikutnya ini mungkin akan membantu PS5 Pro memenuhi tuntutan efek ray tracing yang semakin canggih.

PS5 Pro vs PS5 - Penyimpanan dan Memori

Baik presentasi Mark Cerny maupun PlayStation Blog tidak menyebutkan SSD, jadi bisa diasumsikan bahwa PS5 Pro akan menggunakan SSD kelas atas yang sama seperti PS5 pada tahun 2020. Meskipun ada SSD yang lebih cepat saat ini, SSD PCIe 5.0 tidak akan memberikan peningkatan waktu loading yang signifikan, terutama dengan harga yang mahal.

Namun, memori mengalami peningkatan. PS5 diluncurkan dengan 16GB memori GDDR6 sebagai RAM sistem terintegrasi. PS5 Pro memiliki kapasitas yang sama, tetapi kecepatannya ditingkatkan, kemungkinan karena antarmuka memori yang lebih baik pada GPU baru. Sony mengklaim bahwa memori tersebut sekitar 28% lebih cepat, dan perhitungan kasar menunjukkan bahwa ini setara dengan sekitar 560GB/s bandwidth memori, naik dari 440GB/s pada PS5 lama.

PS5 Pro vs PS5 - CPU

Mark Cerny tidak menyebutkan sama sekali mengenai CPU pada PS5 Pro, jadi bisa diasumsikan bahwa tidak ada perubahan. Bukan berarti CPU PS5 buruk. CPU ini masih menggunakan prosesor Zen 2 8-core, yang masih lebih dari cukup untuk game modern.

Pada resolusi yang lebih tinggi, seperti yang jelas dirancang untuk PS5 Pro, sebagian besar pekerjaan akan bergantung pada prosesor grafis yang kuat, bukan CPU. CPU hanya perlu mengkoordinasikan tugas di latar belakang dan menjalankan perhitungan fisika, yang sudah dapat dilakukan dengan sangat cepat.

Seberapa Besar Peningkatan PS5 Pro Sebenarnya?

Untuk tujuan memainkan game yang membutuhkan performa grafis tinggi pada resolusi tinggi, PS5 Pro adalah peningkatan besar, hanya dalam hal performa GPU mentah. GPU yang lebih besar ini dipasangkan dengan perangkat keras khusus untuk ray tracing dan upscaling untuk lebih meningkatkan performa pada 4K. Tidak banyak informasi yang bisa diketahui tentang bagian khusus ini, tetapi jelas ini lebih dari yang ditawarkan PS5 biasa.

Namun, penting untuk diingat bahwa GPU baru ini setara dengan AMD Radeon RX 6800, yang bisa ditemukan seharga sekitar $350 (Rp5 jutaan) saat ini, dan menggunakan arsitektur CPU dan GPU yang hampir berusia lima tahun. PS5 Pro menggunakan perangkat keras yang lebih tua ini, sementara tetap menaikkan harga menjadi $699 (Rp10,5 jutaan), dibandingkan dengan $499 (Rp7,6 jutaan) saat PS5 diluncurkan empat tahun lalu.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads