ads
Bingung antara Bikin Situs Web Atau Mobile App, Kenali dulu Bedanya Berikut Ini

Bingung antara Bikin Situs Web Atau Mobile App, Kenali dulu Bedanya Berikut Ini

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Surabaya - Di era digital ini, membangun sebuah website atau mobile app jadi hal wajib untuk banyak kebutuhan terutama perusahaan baik yang lini usahanya bergerak dibidang teknologi atau tidak. Memiliki website menjadi satu langkah yang membantu mendekatkan diri dengan konsumen dan merupakan cara meningkatkan eksistensi di tengah masyarakat digital.

Kepemilikan keduanya bagi bisnis atau perusahaan penting karena kondisi masyarakat sekarang yang lebih melek teknologi dan internet. Banyak yang masih bingung untuk membangun website atau aplikasi bagi bisnis dan perusahaannya karena keduanya jelas membutuhkan biaya.

Keputusan untuk membuat aplikasi mobile atau website dan bahkan keduanya harus dipertimbangkan dengan baik. Pertimbangan tersebut mampu memberikan efisiensi baik secara biaya maupun proses maintenance atau perawatan dan optimalisasinya.

Mengenal Aplikasi Mobile App dan Web App

Sebelum menentukan pilihan antaran mobile aplikasi atau website, memahami keduanya detail perlu dilakukan. Website sudah pasti dikenal untuk mereka yang sering menggunakan internet sebagai halaman dimana bisa diakses lewat browser.

Sedangkan mobile aplikasi merupakan software yang di dapat diinstall ke smartphone dan diakses secara langsung tanpa menggunakan browser. Keduanya tentu memiliki pertimbangan tersendiri untuk dibuat sesuai dengan kondisi yang ada.

Dalam menentukan proses membuat mobile aplikasi atau website, ada beberapa pertimbangan penting untuk diperhatikan dengan baik. Salah satu pertimbangan yang baik untuk adalah memahami perbedaan keduanya dengan detail. Keduanya memilik kondisi berbeda untuk diperhatikan dengan lebih baik seperti penjelasan di bawah ini.

1. Kebutuhan Audience yang Berbeda

Perbedaan pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih untuk membuat mobile app atau webisite adalah kondisi audience dari bisnis atau perusahaan. Website lebih sering digunakan pertama kali terutama untuk bisnis dan perusahaan baru.

Sedangkan mobile aplikasi cocok untuk perusahaan atau bisnis yang sudah memiliki audience cukup banyak. Bagi perusahaan atau bisnis dengan audience yang masih kecil lebih baik membangun website terlebih dahulu baru nantinya dikembangkan ke mobile aplikasi.

2. Biaya yang Diperlukan untuk Membuatnya

Perbedaan kedua dari mobile app dan web app adalah jumlah biaya produksi yang harus dikeluarkan. Biaya pembuatan memang relatif tergantung dari kondisi web atau mobile aplikasi yang ingin dibuat.

Namun secara garis besar, website bisa dikatakan lebih murah karena tidak membutuhkan tahapan development OS smartphone baik itu iOS ataupun Android. Membuat website jauh lebih sederhana prosesnya dibandingkan dengan aplikasi mobile.

3. Kebutuhan untuk Mengaksesnya

Perbedaan kedua yang dapat dilihat dari mobile app dan web app adalah kebutuhan mengaksesnya. Website dapat diakses secara langsung menggunakan browser baik lewat desktop maupun smartphone tanpa perlu proses download serta install.

Berbeda dengan aplikasi yang membutuhkan proses download dan install sebelum dapat diakses. Keamanan website dapat lebih baik dibandingkan dengan aplikasi mobile karena bisa diakses tanpa install.

4. Persepsi Masyarakat Awam

Kondisi berbeda lain yang masih menjadi pertimbangan dalam pembuatan website atau aplikasi mobile adalah persepsi masyarakat awam sebagai penggunanya. Website dikenal lebih kuno dibandingkan aplikasi mobile yang kekinian.

Kondisi tersebut hanya anggapan saja karena web juga terus berkembang dengan beragam fitur terbaiknya. Untuk perusahaan teknologi mungkin cocok membuat keduanya agar terlihat lebih up to date.

Dengan perbedaan yang ada terkait dengan mobile aplikasi dan website tersebut, bisnis atau perusahaan dapat mempertimbangkan mana yang paling cocok. Memikirkan dengan pertimbangan yang tepat antara mobile app atau website dapat membantu menjadikan biaya pembuatan lebih efektif dan tepat sesuai kebutuhannya.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads