ads
Pahami Beda Windows dan Linux untuk Memilih OS yang Tepat

Pahami Beda Windows dan Linux untuk Memilih OS yang Tepat

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Surabaya - Perkembangan teknologi perangkat lunak memberikan opsi yang beragam terkait pilihan OS atau Operating System seperti Windows dan Linux. Secara definisi, OS atau Operating system merupakan sistem dasar operasi dan pengatur sumber daya pada perangkat keras. Kebutuhan perangkat lunak OS tersebut amat sangat penting untuk pengoperasian perangkat keras. Tanpa adanya OS, Device perangkat keras tidak dapat bekerja seperti yang diharapkan dan dibutuhkan.

Beragam OS dapat dipilih sekarang ini dengan berbagai kondisi kelebihan serta kekurangannya di mana dapat disesuaikan kebutuhan masing-masing pengguna.  Setiap perangkat keras memiliki sistem operasi tersendiri dalam berbagai pilihan yang ada. OS pada device laptop atau PC tentu berbeda dengan Operating system pada Smartphone. Pilihan OS dapat dipertimbangkan sesuai dengan device yang akan digunakan.

Pada perangkat PC dan laptop, sistem operasi yang digunakan berupa mac, Windows, dan Linux. Dari ketiga pilihan yang ada tersebut, Windows merupakan OS yang lebih banyak digunakan saat ini untuk perangkat PC dan laptop. Kebiasaan menggunakan Microsoft Windows mungkin jadi salah satu alasan besar mengapa sampai saat ini sistem operasi tersebut tetap menjadi nomor satu untuk digunakan di perangkat laptop dan PC.

Windows Dan Linux Sering Diperdebatkan Perbedaannya

Selain Windows, Linux juga menjadi salah satu OS yang juga mulai banyak dilirik oleh para pengguna perangkat laptop dan PC. Perdebatan lebih sering terjadi pada Linux dan Windows sebagai OS yang bisa digunakan dalam berbagai pilihan jenis laptop dan PC tidak seperti Mac karena eksklusif digunakan dalam perangkat PC dan laptop produksi Apple. Linus dikenal sebagai OS gratis yang mulai banyak dikembangkan oleh berbagai developer Software,

Penggunaan Linux mulai dilirik sebagai salah satu OS yang menarik untuk bisa dimanfaatkan demi menunjang kebutuhan penggunaan perangkat keras. Meskipun OS Windows banyak digunakan oleh pemakai Laptop dan PC, nama Linux saat ini mulai dikenal karena perkembangannya memiliki varian untuk digunakan dalam Dekstop dan Smartphone. Ada banyak kondisi berbeda yang bisa dipelajari dari dua OS paling sering dibicarakan dan digunakan tersebut.

Beberapa Kondisi Yang Berbeda Dari Windows Dibandingkan Linux

Baik Windows dan Linux tentu memiliki kondisi kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan perangkat keras. Ada beberapa hal dan aspek tertentu yang perlu diperhatikan terkait perbedaan dari Windows dibandingkan Linux yang penjelasannya dapat diperhatikan melalui ulasan berikut.

1. Windows berbayar sedangkan Linux gratis

Untuk dapat menggunakan Microsoft Windows sebagai sistem operasi pada perangkat keras PC dan laptop, nilai nominal uang tertentu perlu dikeluarkan tergantung dengan versi dan variannya. Sedangkan untuk menggunakan Linux, seseorang tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun karena penggunaan OS tersebut tidak berbayar alias gratis.

2. Windows dikembangkan oleh satu perusahaan sedangkan Linux komunitas

Perbedaan mendasar lain dari Microsoft Windows dan Linux ada pada pengembangan dari OS tersebut. Microsoft menjadi perusahaan utama yang mengembangkan Windows hingga muncul versi terbarunya. Sedangkan Linux merupakan OS atau open source yang berkembang dalam berbagai komunitas di dunia ini. Linux terus berkembang untuk memberikan Interface  lebih baik mendekati Windows.

3. Penggunaan Linux dan Windows yang berbeda

Bentuk beda lainnya dari Linux dan Windows ada pada penggunaannya.  Sebagian besar penggunaan laptop dan PC lebih menjadikan Microsoft Windows sebagai Operating Systemnya. Sedangkan Linux lebih banyak digunakan pada server, sistem jaringan internet, dan sekarang juga bisa gunakan dalam HP android.

Setiap OS yang masih ada hingga sekarang ini memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing untuk disesuaikan penggunaannya. Memahami Windows dan Linux dengan baik dapat membantu penggunaan OS komputer yang tepat sesuai kebutuhan perangkat keras dalam dunia IT dan teknologi.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads