ads
Telkomsel Jadi Yang Pertama Hadirkan WiFi 7 di Indonesia

Telkomsel Jadi Yang Pertama Hadirkan WiFi 7 di Indonesia

Smallest Font
Largest Font
Table of Contents

Penyedia layanan telekomunikasi, Telkomsel mengumumkan bahwa mereka secara resmi telah merampungkan validasi terkait dengan teknologi Wireless Fidelity (WiFi) 7. Sebelumnya, Telkomsel menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dalam proses validasi tersebut.

Dengan demikian, Telkomsel pun menjadi operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang siap untuk mengadopsi penggunaan WiFi 7.

Sebagai informasi, WiFi 7 adalah teknologi WiFi terbaru yang mampu menyediakan kecepatan transfer data maksimum hingga mencapai 5,8Gbps, di mana ini 2,4 kali lebih cepat dibandingkan dengan teknologi sebelumnya, yakni WiFi 6. 

Pihak Telkomsel menyatakan jika WiFi 7 nantinya bakal mampu menampung pengguna dengan jumlah yang lebih banyak ketimbang sebelumnya, namun latensi yang dihasilkan jauh lebih rendah. Sehingga akan lebih hemat energi.

Uji coba teknologi WiFi 7 dilakukan oleh Telkomsel dengan mengajak beberapa mitra usaha. Perangkat yang digunakan adalah jenis Low Power Indoor (LPI). Hasil uji coba itu menunjukkan bahwa fungsionalitas serta kualitas WiFi 7 mampu memberikan peningkatan kinerja dan stabilitas, yang berdampak pada pengalaman jaringan yang jauh lebih baik dan bahkan melebihi ekspektasi.

Dengan hasil uji coba itu, pihak Telkomsel memiliki harapan untuk bisa meningkatkan kualitas layanan mereka, dan juga menghadirkan pengalaman digital yang lebih bagi bagi para pelanggan. Apalagi produktivitas serta gaya hidup para pelanggan mereka semakin naik di tengah kian pesatnya perkembangan digital, baik itu untuk bekerja di kantor atau di rumah.

“Kami berharap untuk bisa terus membuka semua peluang yang ada dalam meningkatkan kualitas layanan dan menghadirkan pengalaman digital yang lebih baik. Mulai dari individu dan juga kebutuhan bisnis secara inklusif serta berkelanjutan,” terang Vice President Technology Strategy and Consumer Product Innovation Telkomsel, Ronald Limoa kepada Kompas.

Walaupun telah rampung pengujiannya, namun pihak Telkomsel masih belum menjelaskan lebih rinci mengenai kapan mulai tersedianya layanan WiFi 7 secara umum. 

Kecepatan Sampai 5,8 Gbps

WiFi 7 sendiri diumumkan pertama kalinya secara resmi oleh WiFi Alliance pada awal tahun ini, atau pada bulan Januari 2024. Pengumuman dilakukan dalam acara Consumer Electronics Show (CES) 2024 yang diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat. 

Dengan keberadaan WiFi 7, pabrikan perangkat elektronik, gadget maupun komputer akan bisa mengurus sertifikasi standar wireless atau nirkabel yang baru dengan protokol resmi bernama 802.11be.

Pengembang WiFi 7 diketahui adalah Institute of Electrical and Electronic Engineer (IEEE) dan teknologi ini merupakan penerus dari WiFi 6 yang pertama kali dirilis pada 2019, serta WiFi 6E pada 2020 lalu. Pada dasarnya, pengembangan teknologi anyar ini sudah dilakukan sejak bertahun-tahun yang lalu, akan tetapi baru benar-benar diselesaikan di awal 2024. 

Apabila dibandingkan dengan WiFi 6 dan pendahulunya, WiFi 7 dengan teknologi mutakhirnya tentu saja memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Sebut saja Intel, yang menjadi salah satu pabrikan yang tengah memproduksi chipset bersertifikasi WiFi 7 itu menyebut jika teknologi ini secara teori akan mampu memberikan kecepatan transfer data sampai dengan 5,8 Gbps. 

Seperti yang diketahui, WiFi 6 hanya mampu memberikan kecepatan transfer data sampai dengan 2,4Gbps saja. 

Untuk frekuensi yang digunakan, WiFi 7 masih sama dengan WiFi 6 yang memakai tiga band, yaitu 2,4GHz, 5GHz dan juga 6GHz. Perbedaannya, lebar channel yang ada di frekuensi 6GHz, menambahkan penambahan sebesar 160MHz, jadi 320 MHz. 

Pembaruan lainnya yakni adanya fitur Multi Link Operation (MLO), di mana perangkat akan bisa tersambung secara bersamaan ke lebih dari satu frekuensi. Latensi yang lebih rendah juga mampu dicapai berkat metode anyar seperti Multi User AR/VR, 3D Training dan juga IoT Industrial. 

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    1
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads