ads
Memanfaatkan Aplikasi Gratis Pembuat Game untuk Mengatasi Kecanduan Game pada Anak

Memanfaatkan Aplikasi Gratis Pembuat Game untuk Mengatasi Kecanduan Game pada Anak

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Surabaya - Kecanduan game dianggap sebagai salah satu gangguan perilaku dan mental di mana anak akan mempunyai dorongan kuat untuk terus bermain game. Kondisi kecanduan tersebut diawali dengan munculnya beberapa gejala seperti keinginan bermain game lebih tinggi, mudah murung atau stres dan marah saat bermain game.

Dampak Buruk Kecanduan Game Pada Anak

Adanya keadaan anak yang mengalami kecanduan terhadap game tersebut dapat menimbulkan berbagai dampak negatif terhadap kehidupan bahkan masa depannya. Ada beberapa dampak yang perlu anda waspadai sebagai orang tua ketika anak mulai muncul gejala kecanduan terhadap game seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Perubahan Perilaku dan Kebiasaan

Emosi yang tidak terkontrol muncul dari anak yang kecanduan terhadap game sehingga sering kali mudah marah bahkan mudah menangis. Anak yang kecanduan bermain game sering kali bersikap agresif dan sulit untuk diatur. Perilaku anti sosial juga muncul sebagai dampak buruk kecanduan game.

2. Gangguan Terhadap Fungsi Otak

Struktur dan fungsi otak dapat mengalami gangguan pada anak dengan kecanduan game. Kehilangan kemampuan otak dalam beberapa hal seperti fungsi atensi (memusatkan perhatian), fungsi eksekutif (membuat perencanaan dan melakukan tindakan), dan fungsi inhibisi (membatasi diri) menjadi kondisi gangguan pada fungsi otak akibat kecanduan main game.

Menjadikan Anak Sebagai Game Developer Cilik Jadi Alternatif Terbaik

Menjadikan anak sebagai game developer cilik tentu tidak mudah dan butuh usaha terutama ketika orang tua sendiri tidak punya pemahaman terhadap pemrograman. Di era yang serba mudah mencari informasi sekarang ini, anda sebagai orang tua dapat mulai mengenalkan anak terhadap aktivitas pemrograman.

Ada berbagai kursus dan layanan pelatihan game developer cilik saat ini yang banyak ditawarkan. Mendaftarkan anak ke lembaga kursus programing jadi jalan yang tepat untuk menjadikannya sebagai seorang game developer cilik. Kondisi tersebut mungkin kadang belum menjadi solusi yang tepat untuk beberapa kondisi keluarga tertentu.

Adanya biaya kursus sebagai konsekuensi untuk belajar membuat game. Agar Anda tetap mengarahkan anak untuk terlepas dari kecanduan game, kenalkan aplikasi gratis untuk bisa membuat gam sndiri. Anda dapat memperkenalkan aktivitas membuat game dengan beberapa aplikasi gratis seperti :

1. GameSalad

Aplikasi Gamesalad yang bisa digunakan dalam smartphone Android ini menjadi salah satu cara anda untuk memperkenalkan pembuatan game pada anak secara mudah. Keunggulan aplikasi ini adalah mudah digunakan dan bisa membuat game tanpa perlu memikirkan coding atau bahasa pemrograman yang perlu waktu untuk dipelajari.  Dengan metode drag and drop yang sangat simpel memberikan pembelajaran mudah dalam membuat game sehingga kecanduan game anak bisa dikurangi.

3. GameMaker

Selain GameSalad, aplikasi lain yang mirip dan dapat digunakan untuk belajar membuat game secara gratis adalah GameMaker. Sama seperti aplikasi sebelumnya, anak bisa belajar dengan bimbingan orang tua untuk membuat game secara mudah dan bisa dilakukan tanpa coding. Aplikasi ini terbilang lengkap dengan beberapa toolset menarik dimana akan mendukung Anda dan anak membuat game interaktif serta menarik.

Kecanduan akan game merupakan salah satu kondisi yang sudah seharusnya dipikirkan cara mengatasi dan mencegahnya agar tidak terjadi pada anak. Menjadikan anak sebagai game developer cilik merupakan salah satu cara inovatif dan positif agar kesukaannya dengan game tidak menjadikan kecanduan game tapi menyebabkannya menjadi sosok lebih kreatif dan punya kegiatan bermanfaat dari pada sekedar bermain game.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads